Halaman

Minggu, 16 Juni 2013

Pembagian Wewenang dalam Manajemen



PEMBAGIAN WEWENANG DALAM MANAJEMEN
A.    ManajemenProduksi
Manajemenproduksiadalahmerupakankegiatanuntukmengaturdanmengkoordinasikanpenggunaansumber-sumberdayaberupasumberdayamanusia, sumberdayaalat, dansumberdayadanasertabahansecaraefektifdanefisien, untukmenciptakandanmenambahkegunaan (utility) suatubarangatau jasa.
TugasManajemenProduksi:
Ø  PerencanaanProduksi yang meliputi:
o   Penentuanbarang yang akandiproduksi
o   Kualitasbarang
o   Jumlahbarang
o   Bahanbarang
Ø  Pengendalianproduksidengantujuan agar mencapaihasil yang maksimal demi biaya. Kegiatan yang dilakukanantara lain:
o   Menyusunperencanaan,
o   Membuatpenjadwalankerja,
o   Menentukankepadasiapabarangakandipasarkan.
Ø  Pengawasanproduksidengantujuan agar pelaksanaankegiatandapatberjalansesuaidenganrencana, kegiatannyameliputi:
o   Menetapkankualitas
o   Menetapkanstandarbarang
o   Pelaksanaanproduksi yang tepatwaktu.
B.     ManajemenSumberDayaManusia (SDM)
Manajemensumberdayamanusia (SDM) adalahsuatuilmuataucarabagaimanamengaturhubungandanperanansumberdaya (tenagakerja) yang dimilikiolehindividusecaraefisiendanefektifsertadapatdigunakansecaramaksimalsehinggatercapaitujuan (goal) bersamaperusahaan, karyawandanmasyarakatmenjadimaksimal. MSDM didasaripadasuatukonsepbahwasetiapkaryawanadalahmanusiabukanmesindanbukansematamenjadisumberdayabisnis.Kajian MSDM menggabungkanbeberapabidangilmusepertipsikologi, sosiologi, dll.
TugasManajemenSumberDayaManusia:
Ø  Merencanakan, mengembangkandanmengimplementasikanstrategi di bidangpengelolaandanpengembangan SDM (termasukperekrutandanpemilihankebijakan / practices, disiplin, keluhan, konseling, upahdanperyaratannya, kontrak-kontrak, pelatihandanpengembangan, perencanaansuksesi, morildanmotivasi, kulturdanpengembangansikapdan moral kerja, manajemenpenimbanganprestasidanhalseputarmanajemenmutu – dan  lain-lain (ditambahakanselamamasihrelvean)
Ø  Menetapkandanmemeliharasistem yang sesuaiuntukmengukuraspekpentingdaripengembangan HR
Ø  Memonitor, mengukurdanmelaporkantentangpermasalahan, peluang, rencanapengembangan yang berhubungandengan SDM danpencapaiannyadalamskala  waktudanbentuk / format yang sudahdisepakati.
Ø  Mengaturdanmengembangkanstaflangsung (yang melakukan direct report  kepadanya).
Ø  Mengeloladanmengendalikanpembelanjaan SDM per departemensesuaianggaran-anggaran yang disetujui
Ø  Bertindaksebagaipenghubung (liaison) denganparamanajer functional / manajer department yang lain agar memahamisemuaaspek-aspekpentingdalampengembangan SDM, danuntukmemastikanmerekatelahmendapatkaninformasi yang tepatdanmencukupitentang  sasaran, tujuan / obyektifdanpencapaian-pencapaiandaripengembangan SDM.
Ø  Memeliharakesadarandanpengetahuantentangteoripengembangan HR yang sesuaizamandanmetoda-metodadanmenyediakanpenafsiran yang pantasuntukparadirektur, paramanajerdanstaf di dalamorganisasi
Ø  Berperanuntukevaluasidanpengembanganstrategipengelolaan SDM dankinerjadalampengimplementasianstrategitersebut, denganbekerjasamadengantimeksekutif.
Ø  Memastikansetiapaktivitasmempunyaibenangmerahsertaterintegrasikandenganpersyaratan-persyaratanorganisasi (organizational requirements) untukbidang-bidangmanajemenmutu, kesehatandankeselamatankerja, syarat-syarathukum, kebijakan-kebijakandantugasumumkepedulianlingkungan.
Ø  Jikamerupakanjabatandirektur formal,  Melaksanakantanggung-jawabdariseorangdirekturutama / Board of Director (BOD) menurutpatokan-patokanetisdanhukum yang berlaku, seperti  yang tuangkan di dalamkebijakandirekturataudokumenstandar (lain) yang biasadigunakan.
C.    ManajemenPemasaran ( Marketing)
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
TugasManajemenPemasaran:
Ø Menentukanbarangatauprodukapa yang akandijual
Ø Menetapkanharga yang sesuaidengankualitasdankuantitasbarang
Ø Menentukanbarangtersebutakandijualkesegmenpasarangbagaimana
Ø Menentukan media promosiapa yang digunakan yang mampumenarikminatkonsumen.
Ø  Bertangggungjawabterhadapbagianpemasaran
Ø  Bertanggungjawabmengurusitimpemasaran, membimbingdanmembinamereka agar tetapsemangatdan loyal.
Ø  Bertanggungjawabterhadapbarangatauproduk yang dijual, termasuk target penjualansetiaphari.
Ø  Melakukankerjasamadenganpihak lain salingmenguntungkandanberkelanjutan
Ø  Melakukanevaluasikinerja di timpemsaran
Ø  MemastikanStandarOprasionalProsedure (SOP) pemasaranberjalansebagaimanamestinya.
Ø  Memberikanlaporansecaratertulisberupaprogresbagianpemsarandan problem-problem yang dilahadapidilapangan

D.    ManajemenKeuangan
ManajemenKeuanganadalahsuatukegiatanperencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencariandanpenyimpanandana yang dimilikiolehorganisasiatauperusahaan.
TugasPokokManejemenKeuangan:
Ø Mendapatkan Dana Perusahaan
Ø Menggunakan Dana Perusahaan
Ø MembagiKeuntugan / Laba Perusahaan
Tugasfungsionalmanajemenkeuanganadalah:
Ø  Menetapkanstrukturkeuanganentitas. Yaitumenetapkankebutuhanentitasakandanauntuksekarang (modal kerjajangkapendek) danmasadepan (keperluaninvestasijangkapanjang) danmenetapkansumberdana yang dapatmenutupkebutuhan-kebutuhanitusecarasehat. Di dalamprinsipnya, kebutuhandanajangkapendekdibiayaiolehsumberjangkapendek, dankebutuhandanajangkapanjangdibiayaidarisumberjangkapanjang.
Ø  Mengalokasikandanasedemikian agar dapatmemperolehtingkatefisiensiatauprofitabilitas yang optimal.
Ø  Mengendalikankeuanganperusahaandenganmengadakansistemdanprosedur yang dapatmencegahpenyimpangandanmengambillangkahperbaikanjikaterjadipenyimpangan di dalampelaksanaanusahadanmemengaruhistrukturkeuangandanalokasidana.


E.     ManajemenAdministrasidanInformasi
ManajerAdministrasibertanggungjawabmengelolainformasi, sisteminformasi, teknologimaupun SDM yang adauntukmemaksimalkanproduktivitasbagianadministrasi yang dipimpinnya.Odgers (2005).

Tugasmanajemenadministrasi:
Ø memeriksakeseluruhanperincianpetunjukkerja non teknisdanmemastikankecukupanfungsijabatankebenarandanketerkaitansatudengan yang lainnya.
Ø Bertanggungjawabterhadapkeselamatankerjasecarakeseluruhan.

            ManajemenInformasiadalahterminologi  umum yang mencakupsemuasistemdan proses dalamsuatuorganisasiuntukpenciptaandanpenggunaaninformasiperusahaan. menurut Robertson, J. (2005),

PeranatautugasManajemenInformasi:
Adalahperandalammengaturinformasi yang dimilikibaik yang berasaldaridalammaupunluarorganisasi, meliputi;
Ø  Monitor / Pemantau :Mengawasi, memantau, mengikuti, mengumpulkandanmerekamkejadianatauperistiwa yang terjadibaikdidapatsecaralangsungmaupuntidaklangsung.
Ø  Disseminator / Penyebar :Menyebarinformasi yang didapatkepadapara orang-orang dalamorganisasi.
Ø  Spokeperson / JuruBicara :Mewakili unit yang dipimpinnyakepadapihakluar.

Tidak ada komentar: