PEMBAGIAN WEWENANG
DALAM MANAJEMEN
A.
ManajemenProduksi
Manajemenproduksiadalahmerupakankegiatanuntukmengaturdanmengkoordinasikanpenggunaansumber-sumberdayaberupasumberdayamanusia,
sumberdayaalat, dansumberdayadanasertabahansecaraefektifdanefisien,
untukmenciptakandanmenambahkegunaan (utility) suatubarangatau jasa.
TugasManajemenProduksi:
Ø PerencanaanProduksi yang meliputi:
o Penentuanbarang yang akandiproduksi
o Kualitasbarang
o Jumlahbarang
o Bahanbarang
Ø Pengendalianproduksidengantujuan agar
mencapaihasil yang maksimal demi biaya. Kegiatan yang dilakukanantara lain:
o Menyusunperencanaan,
o Membuatpenjadwalankerja,
o Menentukankepadasiapabarangakandipasarkan.
Ø Pengawasanproduksidengantujuan agar
pelaksanaankegiatandapatberjalansesuaidenganrencana, kegiatannyameliputi:
o Menetapkankualitas
o Menetapkanstandarbarang
o Pelaksanaanproduksi yang tepatwaktu.
B.
ManajemenSumberDayaManusia (SDM)
Manajemensumberdayamanusia
(SDM) adalahsuatuilmuataucarabagaimanamengaturhubungandanperanansumberdaya (tenagakerja) yang
dimilikiolehindividusecaraefisiendanefektifsertadapatdigunakansecaramaksimalsehinggatercapaitujuan
(goal) bersamaperusahaan, karyawandanmasyarakatmenjadimaksimal. MSDM
didasaripadasuatukonsepbahwasetiapkaryawanadalahmanusiabukanmesindanbukansematamenjadisumberdayabisnis.Kajian
MSDM menggabungkanbeberapabidangilmusepertipsikologi,
sosiologi, dll.
TugasManajemenSumberDayaManusia:
Ø
Merencanakan,
mengembangkandanmengimplementasikanstrategi di bidangpengelolaandanpengembangan
SDM (termasukperekrutandanpemilihankebijakan / practices, disiplin, keluhan,
konseling, upahdanperyaratannya, kontrak-kontrak, pelatihandanpengembangan,
perencanaansuksesi, morildanmotivasi, kulturdanpengembangansikapdan moral
kerja, manajemenpenimbanganprestasidanhalseputarmanajemenmutu – dan
lain-lain (ditambahakanselamamasihrelvean)
Ø
Menetapkandanmemeliharasistem yang
sesuaiuntukmengukuraspekpentingdaripengembangan HR
Ø
Memonitor,
mengukurdanmelaporkantentangpermasalahan, peluang, rencanapengembangan yang
berhubungandengan SDM danpencapaiannyadalamskala waktudanbentuk / format
yang sudahdisepakati.
Ø
Mengaturdanmengembangkanstaflangsung
(yang melakukan direct report kepadanya).
Ø
Mengeloladanmengendalikanpembelanjaan
SDM per departemensesuaianggaran-anggaran yang disetujui
Ø
Bertindaksebagaipenghubung (liaison)
denganparamanajer functional / manajer department yang lain agar
memahamisemuaaspek-aspekpentingdalampengembangan SDM,
danuntukmemastikanmerekatelahmendapatkaninformasi yang
tepatdanmencukupitentang sasaran, tujuan /
obyektifdanpencapaian-pencapaiandaripengembangan SDM.
Ø
Memeliharakesadarandanpengetahuantentangteoripengembangan
HR yang sesuaizamandanmetoda-metodadanmenyediakanpenafsiran yang
pantasuntukparadirektur, paramanajerdanstaf di dalamorganisasi
Ø
Berperanuntukevaluasidanpengembanganstrategipengelolaan
SDM dankinerjadalampengimplementasianstrategitersebut,
denganbekerjasamadengantimeksekutif.
Ø
Memastikansetiapaktivitasmempunyaibenangmerahsertaterintegrasikandenganpersyaratan-persyaratanorganisasi
(organizational requirements) untukbidang-bidangmanajemenmutu, kesehatandankeselamatankerja,
syarat-syarathukum, kebijakan-kebijakandantugasumumkepedulianlingkungan.
Ø
Jikamerupakanjabatandirektur
formal, Melaksanakantanggung-jawabdariseorangdirekturutama / Board of
Director (BOD) menurutpatokan-patokanetisdanhukum yang berlaku, seperti
yang tuangkan di dalamkebijakandirekturataudokumenstandar (lain) yang
biasadigunakan.
C.
ManajemenPemasaran ( Marketing)
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
TugasManajemenPemasaran:
Ø
Menentukanbarangatauprodukapa
yang akandijual
Ø
Menetapkanharga
yang sesuaidengankualitasdankuantitasbarang
Ø
Menentukanbarangtersebutakandijualkesegmenpasarangbagaimana
Ø Menentukan
media promosiapa yang digunakan yang mampumenarikminatkonsumen.
Ø Bertangggungjawabterhadapbagianpemasaran
Ø Bertanggungjawabmengurusitimpemasaran,
membimbingdanmembinamereka agar tetapsemangatdan loyal.
Ø Bertanggungjawabterhadapbarangatauproduk
yang dijual, termasuk target penjualansetiaphari.
Ø Melakukankerjasamadenganpihak
lain salingmenguntungkandanberkelanjutan
Ø Melakukanevaluasikinerja
di timpemsaran
Ø MemastikanStandarOprasionalProsedure
(SOP) pemasaranberjalansebagaimanamestinya.
Ø Memberikanlaporansecaratertulisberupaprogresbagianpemsarandan
problem-problem yang dilahadapidilapangan
D.
ManajemenKeuangan
ManajemenKeuanganadalahsuatukegiatanperencanaan,
penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencariandanpenyimpanandana
yang dimilikiolehorganisasiatauperusahaan.
TugasPokokManejemenKeuangan:
Ø Mendapatkan Dana Perusahaan
Ø Menggunakan Dana Perusahaan
Ø MembagiKeuntugan / Laba Perusahaan
Tugasfungsionalmanajemenkeuanganadalah:
Ø Menetapkanstrukturkeuanganentitas.
Yaitumenetapkankebutuhanentitasakandanauntuksekarang (modal kerjajangkapendek)
danmasadepan (keperluaninvestasijangkapanjang) danmenetapkansumberdana yang
dapatmenutupkebutuhan-kebutuhanitusecarasehat. Di dalamprinsipnya,
kebutuhandanajangkapendekdibiayaiolehsumberjangkapendek,
dankebutuhandanajangkapanjangdibiayaidarisumberjangkapanjang.
Ø Mengalokasikandanasedemikian
agar dapatmemperolehtingkatefisiensiatauprofitabilitas yang optimal.
Ø Mengendalikankeuanganperusahaandenganmengadakansistemdanprosedur
yang dapatmencegahpenyimpangandanmengambillangkahperbaikanjikaterjadipenyimpangan
di dalampelaksanaanusahadanmemengaruhistrukturkeuangandanalokasidana.
E.
ManajemenAdministrasidanInformasi
ManajerAdministrasibertanggungjawabmengelolainformasi, sisteminformasi,
teknologimaupun SDM yang adauntukmemaksimalkanproduktivitasbagianadministrasi
yang dipimpinnya.Odgers (2005).
Tugasmanajemenadministrasi:
Ø memeriksakeseluruhanperincianpetunjukkerja
non teknisdanmemastikankecukupanfungsijabatankebenarandanketerkaitansatudengan
yang lainnya.
Ø Bertanggungjawabterhadapkeselamatankerjasecarakeseluruhan.
ManajemenInformasiadalahterminologi
umum yang mencakupsemuasistemdan proses
dalamsuatuorganisasiuntukpenciptaandanpenggunaaninformasiperusahaan. menurut
Robertson, J. (2005),
PeranatautugasManajemenInformasi:
Adalahperandalammengaturinformasi yang dimilikibaik
yang berasaldaridalammaupunluarorganisasi, meliputi;
Ø Monitor / Pemantau :Mengawasi, memantau,
mengikuti, mengumpulkandanmerekamkejadianatauperistiwa yang terjadibaikdidapatsecaralangsungmaupuntidaklangsung.
Ø Disseminator / Penyebar
:Menyebarinformasi yang didapatkepadapara orang-orang dalamorganisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar